Aturan penulisan kode program pascal

Aturan penulisan kode program pascal
1. Struktur sederhana kode pascal
Pascal adalah bahasa pemrograman deklaratif dan terstruktur, yang artinya seluruh variabel, konstanta, fungsi, dan beberapa struktur pemrograman lain harus ‘diperkenalkan’ diawal kode program dan dalam urutan yang sudah ditentukan. Didalam pemrograman, ‘perkenalan’ ini dikenal dengan istilah ‘deklarasi’ (declarations).
Struktur kode program pascal bisa dipecah menjadi 2 bagian: bagian Deklarasi dan bagian Main Program, seperti berikut ini:
program nama_program;
{ bagian deklarasi }
begin
{ main program }
end.
Bagian Deklarasi terdiri dari beberapa jenis kode program, yakni:
  • Perintah Uses
  • Deklarasi Type
  • Deklarasi Konstanta(constant)
  • Deklarasi Variabel(variable)
  • Deklarasi Fungsi(function)
  • Deklarasi Prosedur(procedure)
Sedangkan Main Program nantinya akan berisi kode program utama.
Contoh penulisan kode program pascal.
program hello_world;
begin
writeln('Hello World');
writeln('Sedang belajar pascal...');
readln;
end.
Sebuah kode program pascal, diawali dengan keyword program kemudian diikuti dengan judul program yang diinginkan (dalam contoh diatas, saya menggunakan judul hello_world). Selanjutnya, kode program dibuka dengan perintah “begin”, dan diakhiri dengan perintah “end.” (perhatikan tanda titik di akhir end). Diantara “begin” dan “end.” inilah seluruh kode program pascal berada.
Perintah writeln digunakan untuk menampilkan teks (output), sedangkan perintah readln digunakan untuk menerima masukan (input). Perintah readln pada kode diatas saya tambahkan hanya untuk menahan jendela tampilan jendela program ketika di-run. Anda boleh menghapus baris readln; dan mencoba men-run kode diatas. Hasilnya hanya akan terlihat sekilas saja (tidak sampai 1 detik).
2. Perbedaan huruf besar/kecil
Pascal tidak membedakan penggunaan huruf besar atau kecil. Dalam pemrograman, hal ini dikenal dengan istilah case insensitive. Kita boleh menulis program, Program, PROGRAM, WRITEln, maupun wrITln. Semuanya dianggap sama dalam pascal.
3. Cara penulisan komentar dalam pascal
Komentar tidak akan diproses oleh Pascal dan berfungsi hanya untuk memberi keterangan tambahan, terutama jika kode program yang ditulis cukup rumit.
Untuk membuat komentar di dalam kode program pascal, terdapat 2 alternatif pilihan:
  • Komentar dengan tanda pembuka ‘(*’ dan penutup ‘*)’
  • Komentar dengan tanda pembuka ‘{’ dan penutup ‘}’

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel